SILABUS
Sekolah : SMU Negeri 49
Kelas / Semester : X/ I (Satu)
Mata Pelajaran : Sains Fisika
Standar Komputasi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber, Bahan Dan Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan | Gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan | · Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan percepatan konstan dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan bola atau kelereng · Melakukan percobaan gerak lurus berubah beraturan dengan menggunakan mobil mainan dan kereta dinamik · Melakukan percobaan gerak jatuh bebas dengan bola, kapas dll · Menganalisis besaran – besaran dalam gerak lurus berubah beraturandan gerak gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas | · Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan · Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan · Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan · Menganalisis grafik gerak lurus berubah beraturan dengan klecepatan dan percepatan · Menganalisis grafik gerak jatuh bebas | · Tes Tertulis · Tes Tertulis · Tes Tertulis · Tes Tertulis · Tes Tertulis | · Uraian,Sikap dan Praktik · Uraian,Sikap dan Praktik · Sikap dan prakti serta laporan praktik · Sikap dan prakti serta laporan praktik · Sikap dan prakti serta laporan praktik | 1. Sebuah benda menempuh jarak 5 km dengan waktu 30 menit, A. berapakah kecepatan benda tersebut? B. Perceptan benda? 2. Mobil bergerak dengan kecepatan awal 20 m/s dan tiba – tiba kecepatan bertambah menjadi 40 m/s. berapakah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 2 km? | 3 jam | Sumber: Buku. Paket fisika Bahan : petunjuk penugasan , bahan presentasi Alat : media persentasi |
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan | Gerak melingkar dengan laju konstan · Frekuensi, frekuensi sudut, periode, kecepatan sudut,percepatan sentripetal dan kecepatan linier pada gerak melingkar · Hubungan kecepatan sudut dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan | · Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi · Melakukan percobaan secara berkelompok menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda – roda · Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas | · Mengindentifikasai besaran frekuensi, frekunsi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan · Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubngan secara kualitatif · Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan | · Tes tertulis · Tes tertulis · Tes tertulis | · Sikap, prktik dan laporan praktik · Sikap, praktik dan laporan praktik · Sikap, praktik dan laporan praktik | 1. Tentukanlah frekuensi, frekunsi sudut, dan sudut tempuh pada sebuah bandul? 2. | 3 jam | Sumber : buku paket, Internet. Bahan : Petunjuk penugasan, bahan presentasi
Alat : media persentasi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMU Negri 49
Kelas / Semester : X / Semester 1
Mata pelajaran : Sain Fisiks
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Indikator
· Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan
· Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
· Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
· Menganalisis grafik gerak lurus berubah beraturan dengan klecepatan dan percepatan
· Menganalisis grafik gerak jatuh bebas
· Mengindentifikasai besaran frekuensi, frekunsi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
· Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubngan secara kualitatif
· Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan
Alokasi Waktu : 6 Jam pelajaran ( 2 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menganalisis gerak pada kecepatan dan percepatan yanbg konstan maupun berubah beraturan
2. Menganalisis gerak melingkar dengan laju konstan serta dapat menentukan frekuensi,periode, kecepatan sudut dll
B. Materi pembelajaran
1. Direc Intruction (DI) atau diskusi kelompok
2. Concept Learning
3. Discovery Learning
C. Langgkah –langkah Kegiatan
1. Pertemuan pertama
- Kegiatan pendahuluan
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang kecepatan dan percepatan.
Kegiatan inti
; Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
; Kelompok peserta didik mendiskusikan kinematika dan dinamika benda titik, kemudian membuat kesimpulan sementara
; Anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan tentang kecepatan dan percepatan.
Kegiatan penutup
; Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil persentasi kelompok
; Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau ranggkuman hasil belajar
; Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
; Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan misalnya
1. Cobalah cari perbedaan antara kecepatan dan perpindahan benda?
2. Bandingkan grafik gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan?serta simpulkan?
2. Pertemuan kedua
- kegiatan pendahuluan
Mengumpulkan informasi tentang gerak melingkar dengan laju konstan.
Kegiatan inti
; Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
; Kelompok peserta didik mendiskusikan gerak melingkar dengan laju konstan.
- Kegiatan penutup
; Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil persentasi kelompok
; Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atau ranggkuman hasil belajar
; Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang barusaja dipelajari
; Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan misalnya
1. coba kamu lakukan percobaan bandul dengan berbagai macam panjang tali yang berbeda untuk mengetahui perbedaan frekuensi sudut, periode, frekuensi dll?
2. Simpulkan hasil dari percobaan kamu?
D. Sumber belajar
1. Buku…. Karangan … hal… ( buku yang ada disekolah)
2. LKS
3. Buku Referensi
E. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian
Persentasi kelompok
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen
Isian dan PG
3. Contoh instrumen
- Instrumen tes Esay
- Contoh tes PG
Rubrik Untuk pertemuan pertama dan kedua
No | Aspek | Nilai | Skor |
1. | Persentasi kelompok | 1x 80 | 80 |
2. | Menyelesaikan soal PG | 1x 10 | 10 |
3. | Menyelesaikan soal Esay | 2x 5 | 10 |
| Jumlah Skor | | 100 |
………..,…….,………
Mengetahui KepSek
Guru Mata Pelajaran
Darsana Setiawan
Nip : Heru Siswoko
NIP :104.016.300.469
No comments:
Post a Comment